Koneksi ke Internet

1. Jaringan Komputer (LAN)
Jaringan komputer lokal adalah menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah server jaringan lokal yang terhubung ke Internet. Keuntungan menggunakan LAN adalah akses internet lebih murah. Kelemahannya adalah jika melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat.

2. Saluran Telepon Langsung
Kecepatan akses dengan menggunakan dial-up dapat mencapai 56 kbps. Teknologinya adalah teknologi kompresi data. Kelebihannya adalah jaringannya luas. Kelemahannya adalah kecepatan akses tidak stabil.

3. Teknologi ADSL
ADSL memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untu melewati sinyal digital dengan kecepatan tinggi. Koneksi ke Internet dengan ADSL memungkinkan kita mendownload data-data dengan cepat. Namun kelemahan ADSL adalah harga modemnya yang lebih mahal.

4. Jaringan TV Kabel
Jaringan TV kabel dibuat untuk jalur komunikasi data yang lebar. Biaya yang dikeluarkan satu paket dengan TV kabel. Kelebihannya adalah kita dapat mengakses internet setiap saat. Kelemahannya adalah hanya tersedia di kota besar.

5. GPRS
General Pocket Radio Service adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. Teknologi ini dapat digunakan dimana-mana. Namun kelemahannya adalah untuk mendapat koneksi tersebut ita harus melakukan setting tertentu pada telepon seluler.

6. WiFi
WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirim data. Karena menggunakan nirkabel, WiFi cocok dimanfaatkan pada lokasi atau ruangan. Kelemahan WiFi adalah akses hanya dapat digunakan pada daerah sejauh 100 m dari titik poin.

7. Wireless Broadband
Teknologi ini mirip dengan WiFi, namun dapat digunakan pada jarak 1 km dari titik poin. Teknologi ini masih dalam pengembangan.

8. 3G

Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA. Kelebihannya adalah 3G didukung dengan teknologi HSDPA. Kelemahannya adalah kita hanya bisa menggunakannya pada daerah tertentu.

0 dangdangdang: